" Nisa Rental Elf Sukabumi-081280799229, bb 59C85F10

Rute Dan Transportasi Untuk Menuju Desa Cipta Gelar Pelabuan Ratu Sukabumi

10komentar

Rute jalan Untuk Menuju Desa Cipta Gelar
Suasana di Belakang Imah Gede

Kampung Ciptagelar

Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar adalah sebuah kampung adat yang mempunyai ciri khas dalam lokasi dan bentuk rumah serta tradisi yang masih dipegang kuat oleh masyarakat pendukungnya. Masyarakat yang tinggal di Kampung Ciptagelar disebut masyarakat kasepuhan. Istilah kasepuhan berasal dari kata sepuh dengan awalan /ka/ dan akhiran /an/. Dalam bahasa Sunda, kata sepuh berarti 'kolot' atau 'tua' dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan pengertian ini, muncullah istilah kasepuhan, yaitu tempat tinggal para sesepuh. Sebutan kasepuhan ini pun menunjukkan model 'sistem kepemimpinan' dari suatu komunitas atau masyarakat yang berasaskan adat kebiasaan para orang tua (sepuh atau kolot). Kasepuhan berarti 'adat kebiasaan tua' atau 'adat kebiasaan nenek moyang'.
Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar merupakan nama baru untuk Kampung Ciptarasa. Artinya sejak tahun 2001, sekitar bulan Juli, Kampung Ciptarasa yang berasal dari Desa Sirnarasa melakukan "hijrah wangsit" ke Desa Sirnaresmi yang berjarak belasan kilometer. Di desa inilah, tepatnya di Kampung Sukamulya, Abah Anom atau Bapa Encup Sucipta sebagai puncak pimpinan kampung adat memberi nama Ciptagelar sebagai tempat pindahnya yang baru. Ciptagelar artinya terbuka atau pasrah. Kepindahan Kampung Ciptarasa ke kampung Ciptagelar lebih disebabkan karena "perintah leluhur" yang disebut wangsit. Wangsit ini diperoleh atau diterima oleh Abah Anom setelah melalui proses ritual beliau yang hasilnya tidak boleh tidak, mesti dilakukan.
Oleh karena itulah perpindahan kampung adat bagi warga Ciptagelar merupakan bentuk kesetiaan dan kepatuhan kepada leluhurnya. Masyarakat atau warga Kampung Ciptagelar sebenarnya tidak terbatas di kampung tesebut saja tetapi bermukim secara tersebar di sekitar daerah Banten, Bogor, dan Sukabumi Selatan. Namun demikian sebagai tempat rujukannya, "pusat pemerintahannya" adalah Kampung Gede, yang dihuni oleh Sesepuh Girang (pemimpin adat), Baris Kolot (para pembantu Sesepuh Girang) dan masyarakat Kasepuhan Ciptagelar yang ingin tinggal sekampung dengan pemimpin adatnya. Kampung Gede adalah sebuah kampung adat karena eksistensinya masih dilingkupi oleh tradisi atau aturan adat warisan leluhur.
Secara administratif, Kampung Ciptagelar berada di wilayah Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Jarak Kampung Ciptagelar dari Desa Sirnaresmi 14 Km, dari kota kecamatan 27 Km, dari pusat pemerintahan Kabupaten Sukabumi 103 Km dan dari Bandung 203 Km ke arah Barat. Kampung Ciptagelar dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat (mobil) dan roda dua (motor). Jenis kendaraan roda empat harus mempunyai persyaratan khusus, yakni mempunyai ketinggian badan cukup tinggi di atas tanah serta dalam kondisi prima. Apabila tidak mempunyai persyaratan yang dimaksud kecil kemungkinan kendaraan tersebut sampai ke lokasi. Dan umumnya mobil-mobil demikian hanya sampai di kantor Desa Sirnaresmi yang sekaligus merupakan tempat parkirnya. Selebihnya menggunakan kendaraan ojeg atau mobil umum (jenis jeep) yang hanya ada sewaktu-waktu atau jalan kaki.
Lokasi:  Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok,
Koordinat : 06° 47` 10,4`` S, 106° 29` 52’’ E
Internet: -
Arah:  14 km dari Desa Sirnaresmi 14 Km, 27 km dari kota kecamatan, 103 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Sukabumi, dan 203 dari Bandung 203 km ke arah barat


Situs Pangguyangan

Lokasi Situs Pangguyangan

Jalan menuju Cipta Gelar

Ada tiga jalur utama menuju Kampung Adat Ciptagelar. Jalur pertama merupakan jalur terindah, sepanjang 28 kilometer dari Pelabuhan Ratu menuju Sukawayana. Jalur yang membelah hutan sepanjang 9 km ini dibangun hanya dalam waktu tiga hari. Tiap warga mendapat jatah pembangunan 1 meter jalan dengan satu cangkul.
Jalan dari batu tersebut sengaja dibuat berkelok-kelok agar tak satu pun pohon tertebang. Pohon dibiarkan tumbuh menjulang tinggi hingga sinar matahari tak menembus ke lantai hutan yang ditumbuhi lumut dan paku-pakuan. Bagi warga Ciptagelar, alam menjadi sumber penghidupan sehingga harus dirawat.
Jalur kedua, menuju Ciptagelar bisa ditempuh melewati Kampung Sirnaresmi sejauh 12,6 km.
Jalur lainnya adalah lewat Cicadas-Cikadu-Gunung Bongkok di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang merupakan jalur terpanjang, tetapi keadaan dan kondisi jalan sudah beraspal, kurang lebih sekitar 3 km lagi menuju Ciptagelar nya, kondisi jalan masih berbatu.
Di lebatnya hutan Gunung Halimun, warga mencari buah-buahan, obat, hingga ranting untuk kayu bakar. Selain padi sawah, mereka juga menanam padi tadah hujan di lereng-lereng bukit di luar kawasan hutan. Seluruh jenis padi yang ditanam merupakan padi lokal warisan turun- temurun.
Jalur pertama ini juga melewati Ciptarasa yang pernah menjadi pusat pemerintahan atau kampung gede Kasepuhan Adat Banten Kidul. Pemimpin adat almarhum Abah Anom memindahkan kampung gede dari Ciptarasa ke Ciptagelar pada 2001.
Tambahan info bagi yang mau datang ke kasepuhan Ciptagelar, ada beberapa track yang bisa ditempuh setelah anda sampai di kota Palabuhan ratu, Sukabumi.
alternatif A.[ jarak sekitar 28KM dari palabuan ratu]
patokan I, setelah dari terminal palabuhan ratu cari Hotel Samudera atau SBH (Samudera Beach hotel), sekitar ujung hotel ada sungai SUKAWAYANA dengan marka jalan KE arah KANAN ada tulisan Ciptarasa-ciptagelar atau PTPN VIII, ikuti jalan menanjak dan besar (walau kondisi jalannya rusak), maka akan sampai di Kasepuhan Ciptagelar setelah melewati beberapa kampung dan desa, Patokan II, bagi anda yang hanya menggunakan kendaraan Two wheel ( atau kendaraan biasa sebaiknya kendaraan disimpan di kampung BURANGRANG (setelah kampung PANGGUYANGAN) dengan ciri bangunan rumah beratap ijuk dikanan dan kiri jalan (rumahnya Bp. yono), setelah berganti kendaraan dengan 4x4 (sewa hanya dari seputaran kp. Ciptagelar) atau ojeg(bisa di sewa dari kampung itu, anda akan sampai ke Ciptagelar setelah kampung terakhir kp. CIPTARASA dan hutan adat sepanjang kurang lebih 10KM.
Alternatif B,
[jarak – 50KM dari palabuhan ratu] Dari terminal Palabuhan Ratu ke Cisolok – ke arah Cicadas- dan patokan I. masuk lewat kantor Desa Sirnaresmi (melewati kasepuhan Sinaresmi), terus lewati kampung Cimapag – kp. Cipulus. kendaraan sebaiknya masih 4x4, tetapi kendaraan biasa pun bisa dicoba karena biasa di pakai oleh kendaraan angkutan pasar jenis L-300.
Alternatif C,
[jarak – sekitar 67KM] Masuk dari kp. Cikadu (setelah melewati Cicadas – sebelum kp. pasir kuray) melewati kp. Bojong – gn. Bongkok – pasir badak – cipulus)
Kedua jalur alternatif ini bisa kondusif ditempuh dengan sepeda motor dan kendaraan 4x4wheel saja, dan bagi yang menggunakan kendaraan umum bisa dengan Ojeg dan angkutan umum sampai ke kampung Cipulus, atau dengan sewa mobil jenis jeep.
Selamat datang di Kasepuhan Ciptagelar !
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

+ komentar + 10 komentar

5 Januari 2017 pukul 04.26

Rental mobil Elf Sukabumi
Sewa elf Sukabumi- 0812 8079 9229
Carter Elf Sukabumi
Elf Long, Elf Short. 15-20 seat

5 Januari 2017 pukul 04.26

SEWA ELF SUKABUMI | Tlp - WA: 081280799229 | HARGA SEWA ELF MURAH | RENTAL ELF SUKABUMI | SEWA ELF SUKABUMI MURAH | HARGA SEWA ELF DI SUKABUMI | HARGA RENTAL MOBIL ELF MURAH DI SUKABUMI | SEWA ELF PARIWISATA DI SUKABUMI | CARTER ISUZU ELF SHORT/ LONG DI SUKABUMI | HARGA SEWA MOBIL ELF 15 – 20 SEAT| SEWA KENDARAAN ELF SUKABUMI | SEWA MINIBUS ELF SUKABUMI

SEWA ELF SUKABUMI | Tlp - WA: 081280799229 | HARGA SEWA ELF MURAH | RENTAL ELF SUKABUMI | SEWA ELF SUKABUMI MURAH | HARGA SEWA ELF DI SUKABUMI | HARGA RENTAL MOBIL ELF MURAH DI SUKABUMI | SEWA ELF PARIWISATA DI SUKABUMI | CARTER ISUZU ELF SHORT/ LONG DI SUKABUMI | HARGA SEWA MOBIL ELF 15 – 20 SEAT| SEWA KENDARAAN ELF SUKABUMI | SEWA MINIBUS ELF SUKABUMI

rental mobil Sukabumi, ujung genteng, Surade, jampang tengah, jampang kulon, Ujung genteng, Pantai Mina Jaya, Ciracap, Taman Jaya, Cikaso, Cikangkung Surade, Loji Simpena, Pelabuan Ratu, Cimaja, karang Hawu, Cisolok, pantai pasir putih Sawarna

Nisa Rental Mobil Sukabumi melayani pesanan sewa kendaraan mobil dari hotel-hotel yang berada di kota Sukabumi, Pelabuan Ratu, Ujung Genteng, Surade, Jampang tengah, Jampang kulon, Cibadak, Cicurug, Parungkuda, Lido, Bogor, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Jabodetabek
dan sekitarnya.
Hotel-hotel Sukabumi : Hotel Anugrah, Hotel Maxone Sukabumi, Hotel Horison Sukabumi, Hotel Taman Sari, Hotel Fresh, Hotel Jazz ,Hotel Selabintana Resort, Hotel Augusta
Sukabumi, Inna Samudra Beach hotel - Pelabuan Ratu, Hotel Bayu Amrta - Pelabuan Ratu
Sukabumi, Turtle Beach Hotel, Ocean view Ujung genteng, Pondok Hexa - Ujung Genteng Sukabumi.

26 Januari 2017 pukul 22.03

rental mobil sukabumi rental mobil sukabumi rentalmobil sukabumirental mobil sukabumi rental mobil sukabumi rentalmobil sukabumirental mobil sukabumi rental mobil sukabumi rentalmobil sukabumirental mobil sukabumi rental mobil sukabumi rentalmobil sukabumirental mobil sukabumi rental mobil sukabumi rentalmobil sukabumirental mobil sukabumi rental mobil sukabumi rentalmobil sukabumi

3 Februari 2017 pukul 20.52

SewaElfSukabumi
Sewa Elf Sukabumi
SewaElf-Sukabumi
Sewa Mobil Elf Sukabumi
SewaMobilElfSukabumi
SewaElfPariwisataSukabumi
SewaMinibusElfSukabumi
Sewa Elf Minibus 15 dan 19 Kursi
Carter Minibus Elf 15 - 20 kursi

22 Oktober 2017 pukul 23.45

Rental mobil recomended

6 Agustus 2018 pukul 21.45

#Sewa Hiace Sukabumi
#Rental Hiace Sukabumi
#Carter Toyota Hiace Sukabumi
#Sewa Minibus Elf Sukabumi 16 - 20 kursi
#Rental Elf murah Sukabumi
#Rental Mobil Avanza. Daihatsu Xenia. Apv. Kijang Innova. Travello. Fregio. Minibus Elf Long 19 seat

17 September 2018 pukul 16.46

Sewa Elf. hiace Sukabumi

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. Nisa Rental Elf Sukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger